cara membuat animasi simple head turn
Tujuan
1. Mahasiswa
mengetahui dan memahami cara membuat animasi kepala menoleh.
2. Mahasiswa
dapat membuat animasi kepala menoleh sederhana (simple head turn)
Alat dan Bahan
1. Computer/PC
2. Wacom
Intuos3
3. Software
Pensil 2D
Dasar Teori
STRAIGHT AHEAD AND POSE TO POSE
Macam-macam Straight Ahead dan
Pose to Pose
Para animator menggunakan 2
pendekatan umum yang biasanya mereka pakai dalam menganimasikan, yaitu Straight
Ahead dan Pose to Pose.
Straight Ahead
Straight ahead adalah metode
dengan menggambar secara berurutan, dari gambar pertama, kedua, ketiga, dan
seterusnya.
Pose to Pose
Pose to Pose
Dalam Pose to Pose, segala
pergerakan sudah diplanning terlebih dahulu. Jadi, animator telah menyiapkan
gerakan-gerakan utamanya (key pose), kemudian setelah semuanya oke, dia baru
melanjutkan dengan detail gerakan diantara (in-between) masing-masing key pose
itu.
FOLLOW TROUGH AND OVERLAPPING
ACTION
Follow Through Action
Konsep dari Follow Through Action
adalah bahwa benda-benda yang saling berhubungan, tidak pernah bergerak
bersamaan. Ketika ada 1 benda yang menjadi 'lead' (benda utama yang bergerak),
maka semua benda-benda yang tersambung dengan benda 'lead' ini akan ikut
bergerak tapi tidak secara bersamaan.
Overlapping Action
Overlapping Action
Overlapping Action memberikankonsepdimana
kedua benda harus benar-benar tersambung sehingga akhirnya bisa bergerak. Dalam
overlapping action, ada 2 benda yang gerakannya sama, tapi timingnya tidak
sama: 1 benda bergerak duluan, kemudian diikuti gerakan benda lainnya.
SLOW IN AND SLOW OUT
Skema Slow In dan Slow Out
Slow In dan Slow Out adalah ilusi
untuk membuat percepatan atau perlambatan (acceleration) sehingga dapat
menimbulkan kesan tertentu. Slow In dan Slow Out ini prinsipnya sama seperti
GLBB. Oleh karena itu dalam rumus GLBB ada variable a / acceleration yang dapat
bernilai + (percepatan) atau - (perlambatan).
Perbedaan animasi normal dengan
efek slow in/slow out
Dengan menggunakan software
animasi sekarang, slow in / slow out (kadang disebut ease in / ease out) ini
bisa kita lakukan dengan hanya klik 1 tombol atau melakukan beberapa
adjustment.
Gambar sebelah kiri adalah gambar
bola yang jatuh dengan kecepatan konstan, sedangkan yang kanan adalah bola yang
jatuh dengan efek slow in. Kedua animasi ini juga memiliki jumlah frame atau
gambar yang sama.
ARCHS
Contoh Archs
Archs ini akan membuat gerakan
animasi kita menjadi lebih alami, khususnya untuk gerakan manusia dan hewan.
Cara berpikir dari prinsip ini adalah seperti sebuah pendulum. Semua
gerakan tangan, kaki, memutar kepala, dan gerakan bola mata semuanya dilakukan
dengan mengikuti sebuah kurva.
Macam-macam Archs
Prinsip ini biasanya
diaplikasikan pada saat kita membuat inbetweening. Dengan Arcs, kita bisa
membuat dimensi pada gerakan animasi kita, contoh membuat kepala sedikit
menunduk saat menolehkan kepala akan membuat gerakan tampak lebih alami.
Dengan membuat garis
punggungnya menjadi sebuah kurva, kita dapat memunculkan persepsi bahwa benda
yang diangkat adalah benda yang berat.
SECONDARY ACTION
Secondary action adalah prinsip
dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama.
Nah, gerakan utamanya adalah
orang itu sedang berlari, sedangkan gerakan sekundernya adalah topi santa
clausnya yang bergerak. Jadi topi itu baru ikut bergerak karena disebabkan oleh
gerakan utamanya, inilah yang dimaksud dengan secondary action.
Timing adalah prinsip terpenting
di dalam animasi. Timing menentukan berapa gambar yang harus kita buat di
antara 2 pose atau yang biasa kita sebut dengan istilah in-between.
Langkah percobaan :
1. Buka
aplikasi pencil 2D.
2. Buat
bitmap layer baru sebagai penanda. Dalam bitmap ini buat garis arcs sama
seperti yang dicontohkan di atas. Dan berilah titik - titik penanda di setiap lintasannya.
3. Mula
– mula gambar bentuk dasar kepala dulu. Besarnya mengikuti lintasan. Lakukan ini
dri frame satu ke frame yang lain.
4. Mainkan
dan simpan animasi tersebut.
Selamat mencoba
Source:
http://classanimation4.blogspot.com/2013/02/prinsip-dasaranimasi-adalah-prinsip.html
contoh animasi head turn saya. masih harus berlatih lagi
contoh animasi head turn saya. masih harus berlatih lagi
Comments
Post a Comment
Terima kasih telah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat :) silahkan berkomentar di kolom ini