Praktikum 5 – Polygon Modelling
Tujuan
Membuat model 3D menggunakan teknik Polygon Modelling
Alat
Blender 2.73a
Bahan
(Tanpa Bahan)
Dasar Teori
Ada banyak teknik 3D modeling, diantaranya:
1. Polygon Modelling
2. Sculpting
1. Polygon Modelling
2. Sculpting
Polygon Modeling
polygon modeling menggunakan polygon sebagai bentuk dasar untuk pembuatan model 3D. Seperti pada referensi ini. Pada referensi tersebut, kegiatan modeling dimulai dengan memilih primitive. Bisa disebut juga primitive modeling. Primitive modeling biasanya dilanjutkan dengan polygon editing. Dalam blender, biasa disebut dengan
Edit Mode
atau shortcut-nya tombol TAB.Sculpting
Sculpting menggunakan pendekatan artist lilin/malam untuk setiap menu yang disediakan oleh softwarenya.
Petunjuk Praktikum
- Membuat kursi menggunakan primitive only
- Membuat kursi menggunakan polygon editing dengan pendekatan additive modeling
- Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
https://www.youtube.com/watch?v=kOV6y1NBOO4 - Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive
- Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editing
Hasil Praktikum
Kesimpulan
untuk praktikum membuat kursi ini saya menggunakan cube untuk dasar semua pembuatan kursinya. yang bentuknya saya sesuaikan sebagaimana bentuk gambar referensi. saya hanya membuat beberapa bangun yang lalu saya copy. saya menemukan kesulitan dalam animasi 360 rotationnya dikarenakan menu transform tidak muncul di monitor saya. solusinya saya menseleksi salah satu dulu lalu menggabungkan bangun dan di grup dengan shortcut ctrl+j.
Comments
Post a Comment
Terima kasih telah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat :) silahkan berkomentar di kolom ini