praktikum 14 - 3 point light





Prak 14 – 3-point Light Setup


1. Tujuan

Mengenal tata lampu pada media 3D melalui praktek tata lampu 3-point lighting

2. Alat

Blender 2.7+
Cycles Render

3. Bahan

4. Dasar Teori

A. Lighting Component

Salah satu komponen lighting adalah shadow. Shadow memberi informasi bentuk bagi sebuah objek.
Shadow juga berfungsi sebagai informasi posisi objek terhadap environment.
Penguasaan shadow, akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

B. Lighting Setup

Lighting setup adalah tata lampu yang melibatkan satu atau lebih lampu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.
Dalam 3 point lighting, terdapat 3 lampu yang digunakan. Masing-masing lampu tersebut ada yang berfungsi sebagai key light, fill light, dan back light.
fungsi dari masing-masing lampu adalah sebagai berikut:
  1. Key light berfungsi sebagai sumber cahaya utama
  2. Fill light berfungsi untuk membuat shadow dari key light menjadi lebih soft
  3. Back light berfungsi untuk membuat outline dari objek
Gunakan simulator ini untuk melihat efek dari masing-masing lampu.
secara umum tata lampunya relatif terhadap objek dan kamera adalah sebagai berikut




3 Point Light Setup

5. Petunjuk Praktikum

6. Kegiatan Praktikum

  1. Aplikasikan teknik 3 point lighting pada 3D model yang sudah kalian buat sebelumnya.
  2. Aplikasikan teknik 3 point pada model ben simmond
  3. Aplikasikan teknik 3 point pada model sintel

7. Hasil Praktikum 

back light 

fill light
fill +back light
main light
main light +back light
main light + fill light 

objek yang saya gunakan ini adalah objek dari ben simon.

8. Kesimpulan

     dari praktikum yang telah dilakukan untuk mendapatkan lighting seperti diatas saya menggunakan plane yang materialnya saya ganti dengan emission lalu saya tata untuk main light di sisi kiri objek dengan kekuatan yang 27 dengan scale lebih besar dan untuk fill light saya ubah kekuatannya di 23 dan scale yang lebih kecil dan saya posisikan di kanan objek, dan untuk backlight saya letakkan agak keatas dan sedikit kebelakang dari objek lalu saya sorotkan ke kepala objek untuk memperjelas outline dari objek. 

9. Referensi





Posted on

Comments

Popular Posts